Saturday, February 09, 2008

KiSah Pak MeNTi



Ada sebuah pohon yang sangat besar yang memiliki lubang sarang binatang di dasarnya. Di lubang di dasar pohon tersebut hiduplah seekor Kucing Hutan, dan di sampingnya ada lubang yang didiami oleh seekor Pak Menti.

Suatu hari si Kucing Hutan keluar lubang untuk mencari makan. Tidak beberapa lama kemudian Pak Menti pun ingin mencari makan, ketika keluar lubang ia mengamati keadaan sekitarnya dan berjalan dengan sangat hati-hati takut kalau ada si Kucing Hutan.

Tetapi, belum jauh melangkah, Pak Menti merasa sangat hairan sekali karena di belakangnya ada seekor anak Anjing Hutan yang sedang mengintainya dan dari atas pokok ada seekor Burung Hantu yang siap untuk menyambarnya.

Pada saat itu, Pak Menti dihadapkan pada pilihan hidup yang sangat sulit dan dihinggapi perasaan takut yang mencekam.

Ia terus berfikir: “Jika aku melangkah ke belakang, niscaya anak Anjing Hutan itu akan menerkamku, sedangkan jika aku bergerak ke kiri atau ke kanan maka si Burung Hantu akan segera menyambarku, dan jika aku melangkah terus ke depan, maka si Kucing Hutan akan dengan sigap mencengkram diriku. Kini aneka bencana telah mengepung dan marabahaya sangat nyata berada di sekelilingku.”

Ke arah manakah yang akan dipilih oleh Pak Menti?

# Jawapan yang rasional akan menerima cenderahati.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home